Persepsi Guru tentang Komunikasi Interpersonal di SMK Negeri se-Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam

Authors

  • Puji Lestari Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/ijiam-edu.2.1.11-21

Keywords:

Persepsi Guru, Komunikasi Interpersonal, Kepala Sekolah, Guru

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisa Persepsi Guru tentang Komunikasi Interpersonal di SMK Negeri se-Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam ditinjau dari indikator Keterbukaan, Empati, Kepercayaan, dan Sikap Positif. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif yang populasinya adalah guru SMK Negeri se-Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam berjumlah 154 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 118 orang guru yang ditarik menggunakan teknik Propotional Stratified Random Sampling. Instrumen penelitian ini adalah angket model Skala Likert dengan lima pilihan jawaban, yaitu Selalu (SL), Sering (SR), Kadang-kadang (KD), Jarang (JR), Tidak Pernah (TP) yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis datanya menggunakan analisis statistik  deskriptif. Hasil analisis data menggambarkan bahwa Persepsi Guru tentang Komunikasi Interpersonal pada aspek: 1) Persepsi Guru tentang Komunikasi Interpersonal antara Kepala Sekolah dengan Guru dengan skor rata-rata 4,39 berada pada kategori baik, 2) Persepsi Guru tentang Komunikasi Interpersonal antara Guru dengan Kepala Sekolah dengan skor rata-rata 4,33 berada pada kategori baik, 3) Persepsi Guru tentang Komunikasi Interpersonal antara Sesama Guru dengan skor 4,32 berada pada kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Persepsi Guru tentang Komunikasi Interpersonal di SMK Negeri di SMK Negeri se-Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,34.

Downloads

Published

2025-03-25

Issue

Section

Articles