https://ijiam-edu.ppj.unp.ac.id/index.php/ijiam/issue/feed IJIAM-Edu (Indonesian Journal of Innovation in Administration or Management in Education) 2024-12-11T02:00:43+00:00 Syahril syahril@fip.unp.ac.id Open Journal Systems <p><strong>IJIAM-Edu : Indonesian Journal of Inovation in Administration or Management in Education</strong> [e-ISSN: 3063-6922 (online)] adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Departemen Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang sejak tahun 2023 dan publish pertama pada bulan Maret 2024. IJIAM-Edu merupakan media komunikasi yang terintegrasi dan berkelanjutan terkait temuan-temuan penelitian baru yang signifikan dan inovatif dalam administrasi atau manajemen pendidikan, meliputi: inovasi pengelolaan kurikulum, siswa, guru, pegawai, sarana dan prasarana, dan keuangan yang ada di Indonesia.</p> <p>IJIAM-Edu menerbitkan artikel-artikel hasil penelitian yang bersifat komprehensif dengan mengundang review dari para ahli terkemuka di bidangnya. Makalah yang masuk akan diseleksi berdasarkan kajian ilmiah yang tinggi, memberikan pengetahuan baru yang penting, dan sangat menarik bagi masyarakat di bidang pendidikan. IJIAM-Edu telah menjadi anggota CrossRef dengan DOI: 00.0000/IJAM-Edu-unp.0000 sehingga semua artikel yang diterbitkan oleh IJIAM-Edu akan memiliki nomor DOI yang unik.</p> <p>IJIAM-Edu pertama kali terbit pada tahun 2024 dan terbit secara rutin empat kali dalam setahun. IJIAM-Edu terakreditasi oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Republik Indonesia, dengan peringkat Peringkat ... (Peringkat 0, Sinta 0) dari 202.. berdasarkan Surat Keputusan No. 00/0/000/0000.</p> https://ijiam-edu.ppj.unp.ac.id/index.php/ijiam/article/view/73 Persepsi Guru Tentang Pelaksanaan Peran Kepala Sekolah Sebagai Inovator Di Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kecamatan Rambatan 2024-10-24T03:28:48+00:00 Phazmi Ramanda phazmiramanda1@gmail.com Rifma rifmar34@gmail.com <p>Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya peran kepala sekolah sebagai inovator. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan kepala sekolah dalam menjalankan perannya sebagai inovator yang dilihat dari empat indikator, 1) memiliki gagasan baru, 2) mengimplementasikan gagasan baru, 3) menjalin hubungan yang harmonis dengan lingkungan dan 4) keteladanan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di SMAN se-Kecamatan Rambatan dengan jumlah 70 orang guru. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dalam bentuk skala Likert yang telah diuji coba untuk mengetahui validitas dan reliabilitas menggunakan SPSS. Rumus yang digunakan untuk uji validitas yaitu korelasi tata jenjang Spearman dan uji reliabelitias menggunakan rumus <em>Alpha. </em>Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru terhadap pelaksanan peran kepala sekolah sebagai inovator di SMAN se-Kecamatan Rambatan dilihat dari aspek; 1) menemukan gagasan baru berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,26, 2) mengimplementasikan gagasan baru berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 3,96 , 3) menjalin hubungan yang harmonis dengan lingkungan berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,28, 4) keteladanan berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,36. Kesimpulan keseluruhan peran kepala sekolah sebagai inovator di SMAN se-Kecamatan Rambatan berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,28.</p> 2024-12-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 IJIAM-EDU (Indonesian Journal of Innovation in Administration or Management in Education) https://ijiam-edu.ppj.unp.ac.id/index.php/ijiam/article/view/71 Pengaruh Iklim Kelas Terhadap Flow Akademik Mahasiswa Departemen Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Padang 2024-10-22T03:24:32+00:00 Claudia Puspita Putri claudiapuspitaputri@gmail.com Hadiyanto hadiyanto@fip.unp.ac.id <p><strong>Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh variabel iklim kelas melalui indikator kekompakan, kecepatan, formalitas, dan lingkungan fisik terhadap variabel <em>flow</em> akademik melalui indikator <em>absorption</em>,<em> enjoyment</em>, motivasi intrinsik pada mahasiswa departemen administrasi pendidikan universitas negeri padang tahun 2024. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana yang menggunakan data primer yang diperoleh dari angket/kuesioner. Langkah awal analisis ini adalah menentukan tingkat <em>flow</em> akademik dan iklim kelas, kemudian dilakukan uji T untuk melihat pengaruh antar dua variabel tersebut. Berdasarkan hasil Uji T diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara variabel iklim kelas dan <em>flow</em> akademik dengan perolehan nilai signifikansi 0.000 &lt; 0.05 dan nilai ɑ (<em>Constant</em>) bernilai positif sebesar 9.028 dan X sebesar 0.893. Disamping itu, hasil dari tingkat <em>flow</em> akademik dan iklim kelas yang telah diperoleh kemudian akan diberikan upaya untuk meningkatkan <em>flow</em> akademik dan iklim kelas agar mencapai tingkat yang lebih baik dari sebelumnya</strong><strong>.</strong></p> 2024-12-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 IJIAM-EDU (Indonesian Journal of Innovation in Administration or Management in Education) https://ijiam-edu.ppj.unp.ac.id/index.php/ijiam/article/view/80 Pengaruh Dedikasi dan Kedisiplinan Tenaga Administrasi Terhadap Layanan Administrasi di SLTA Negeri Se-Kecamatan Bayang 2024-10-30T14:09:51+00:00 Fiska Septi Meldi fiskaseptimeldi@gmai.com Rusdinal rusdinal@fip.unp.ac.id Irsyad irsyad1122@gmail.com Lusi Susanti lusi_mp@yahoo.com <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh efektivitas kerja pegawai administrasi yang tidak optimal sebagaimana mestinya. Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan pelayanan, antara lain dedikasi dan disiplin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui; 1) dedikasi 2) disiplin 3) layanan administrasi; dan 4) pengaruh dedikasi dan kedisiplinan tenaga administrasi terhadap layanan administrasi di SLTA Negeri Se-Kecamatan Bayang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode kuantitatif yang berkorelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SLTA Negeri Se-Kecamatan &nbsp;Bayang yang berjumlah 221 orang dengan pnetapan sampel melalui teknik <em>Random Sampling </em>dengan menggunakan rumus <em>slovin</em> diperoleh sampel 142. Teknik pengumpulan data adalah kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel pengabdian tenaga administrasi (X1) dan pelayanan administrasi (Y) sebesar 6,5%. Karena perhitungan Thitung lebih besar dari Ttable, yaitu: 11.454 &gt; 1.65581. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel disiplin tenaga administrasi (X2) terhadap layanan administrasi (Y) di SLTA Negeri Se-Kecamatan Bayang sebesar 5,0%. Karena perhitungan Thitung lebih besar dari Ttabel, yaitu 11.969&gt; 1.65581. 3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara dedikasi dan kedisiplinan tenaga administrasi secara Bersama-sama terhadap layanan administrasi di SLTA Negeri S-Kecamatan sebesar 10,2%. Hal ini dapat diketahui karena Fhitung lebih besar dari Ftabel, yaitu 7.935&gt;3.06.</p> 2024-12-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 IJIAM-Edu (Indonesian Journal of Innovation in Administration or Management in Education) https://ijiam-edu.ppj.unp.ac.id/index.php/ijiam/article/view/69 Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Di SMK Negeri Perhotelan Se-Kota Padang 2024-10-19T04:44:50+00:00 Delva Oktavia Patriani delvacynthiana@gmail.com Ermita ermita@fip.ac.id <p><strong>Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan penulis mengenai persepsi guru tentang kepemimpinan transformasional kepala sekolah di SMK Negeri Perhotelan Se-Kota Padang yang menunjukkan masih belum maksimal/belum sesuai dengan yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi mengenai (1) pengaruh ideal (Idealized Influence) kepala sekolah, (2) motivasi inspirasional (Inspirational Motivation) kepala sekolah, (3) stimulasi intelektual (Intellectual Stimulation) kepala sekolah. dan (4) pertimbangan individu (Individualized Consideration) kepala sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif. Populasi penelitian adalah guru SMK Negeri Perhotelan Se-Kota Padang berjumlah 123 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu 59 orang. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Stratified Proportional Random Sampling. Instrument dalam penelitian ini adalah angket model skala likert dengan lima pilihan jawaban. Angket penelitian ini telah diuji validitas dan reliabilitasnya, selanjutnya data diolah dengan rumus rata-rata (mean). Hasil analisis dan pengolahan data menunjukkan bahwa Persepsi Guru tentang: (1) pengaruh ideal (Idealized Influence) sudah terlaksana dengan baik dengan skor rata-rata rata-rata 3,92, (2) motivasi inspirasional (Inspirational Motivation) sudah terlaksana dengan baik dengan skor rata-rata 3,99, (3) stimulasi intelektual (Intellectual Stimulation) sudah terlaksana dengan baik dengan skor rata-rata 3,87, (4) pertimbangan individu (Individualized Consideration) sudah terlaksana dengan baik dengan skor rata-rata 4,02. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan transformasional kepala SMK Negeri Perhotelan Se-Kota Padang sudah terlaksana dengan baik dengan skor rata-rata 3.95.</strong></p> 2024-12-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 IJIAM-EDU (Indonesian Journal of Innovation in Administration or Management in Education) https://ijiam-edu.ppj.unp.ac.id/index.php/ijiam/article/view/78 Implementasi Pemenuhan Standar Sarana Dan Prasarana Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Bisnis Dan Manajemen Se Kota Padang 2024-10-26T15:34:02+00:00 Intan Efrin Goeci intanefring@gmail.com Sufyarma Marsidin sufyarma@gmail.com <p><span style="font-weight: 400;">Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 40 Tahun 2008 tentang standar sarana dan prasarana untuk sekolah menengan kejuruan/madrasah aliyah kejuruan (SMK/MAK). Dengan adanya peraturan ini diharapkan (SMK/MAK) dapat memaksimalkan sarana dan prasarana sesuai dengan bidang kejuruan yang ada di sekolah. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar sekolah belum sepenuhnya memenuhi standar tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesesuaian sarana dan prasarana yang ada di sekolah dengan standar sarana dan prasarana yang telah ditetapkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 40 Tahun 2008. Setting penelitian ini dilaksanakan pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Bisnis dan Manajemen Se Kota Padang yaitu SMKN 2 dan SMKN 3 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi (pengamatan) dan studi dokumentasi, dengan memakai teknik analisis data interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi. </span></p> 2024-12-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 IJIAM-EDU (Indonesian Journal of Innovation in Administration or Management in Education) https://ijiam-edu.ppj.unp.ac.id/index.php/ijiam/article/view/76 Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pauh Kota Padang 2024-10-24T07:05:02+00:00 Febrina Rahma Yani febrinarahmayani18@gmail.com Syahril syahril_fip@yahoo.com <p><span style="font-weight: 400;">Artikel ini bertujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Kinerja guru di SDN Kecamatan Pauh, Kota Padang, Gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah SDN Kecamatan Pauh Kota Padang, Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja di SDN Kecamatan Pauh Kota Padang. Populasi penelitian adalah guru kelas di SDN Kecamatan Pauh, Kota Padang dengan jumlah 175 guru. Sampel ditentukan dengan teknik </span><em><span style="font-weight: 400;">Proportional Random Sampling</span></em><span style="font-weight: 400;"> sehingga sampel berjumlah 78 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan angket model skala </span><em><span style="font-weight: 400;">likert</span></em><span style="font-weight: 400;"> yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Kinerja Guru dengan tingkat capaian 92,59% dari skor ideal. Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah dengan tingkat capaian 94,13% dari skor ideal. Terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah dengan kinerja guru sebesar 64,2% dengan sisanya 35,8% dipengaruhi variabel lain</span><span style="font-weight: 400;">.</span></p> 2024-12-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 IJIAM-EDU (Indonesian Journal of Innovation in Administration or Management in Education) https://ijiam-edu.ppj.unp.ac.id/index.php/ijiam/article/view/72 Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Perilaku Bullying di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Payakumbuh Utara Kota Payakumbuh 2024-10-23T01:35:27+00:00 Uswatul Hamida uswatulhamida@gmail.com Irsyad irsyad1122@gmail.com Nelitawati nellitawati@fip.unp.ac.id Hanif Alkadri hanifalkadri@fip.unp.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pendidikan karakter terhadap perilaku <em>bullying</em> di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh. <em>Bullying</em> menjadi masalah yang serius di sekolah-sekolah, di mana dampaknya tidak hanya dirasakan oleh korban secara fisik dan emosional, tetapi juga mempengaruhi lingkungan belajar secara keseluruhan. Pendidikan karakter, yang bertujuan menanamkan nilai-nilai positif pada siswa, diharapkan dapat mengurangi <em>bullying</em>. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pendidikan karakter dan penurunan perilaku <em>bullying</em>. Siswa yang mengikuti program pendidikan karakter secara intens menunjukkan penurunan dalam perilaku <em>bullying</em>, baik secara verbal maupun fisik. Nilai-nilai karakter seperti religiusitas, kemandirian, gotong royong, dan rasa hormat terhadap orang lain terbukti efektif dalam mengurangi tindakan <em>bullying</em>. Analisis statistik menunjukkan bahwa siswa yang memiliki pemahaman dan penerapan nilai-nilai karakter yang baik lebih mampu mengontrol emosi dan perilaku negatif.</p> 2024-12-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 IJIAM-EDU (Indonesian Journal of Innovation in Administration or Management in Education) https://ijiam-edu.ppj.unp.ac.id/index.php/ijiam/article/view/70 Motivasi Kerja Pegawai di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Datar 2024-10-20T10:20:41+00:00 Indah Aries Nelvira indaharies18@gmail.com Nelfia Adi nelfiadi@fip.unp.ac.id Hadiyanto hadiyanto@fip.unp.ac.id Tia Ayu Ningrum tia.ayu.ningrum92@gmail.com <p><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan-permasalahan yang ditemukan pada Motivasi Kerja Pegawai di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi tentang Motivasi Kerja Pegawai di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Datar yang ditinjau dari aspek tanggung jawab, ketekunan, loyalitas, disiplin dan keterlibatan. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Datar yang berjumlah 58 orang. Diambil sampel 46 orang menggunakan teknik </span><em><span style="font-weight: 400;">proportional stratified random sampling</span></em><span style="font-weight: 400;">. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner dalam bentuk skala Likert dengan lima pilihan jawaban yaitu selalu (SL), sering (SR), jarang (JR), kadang-kadang (KD), tidak pernah (TP). Angket penelitian ini telah diuji validitas dan reliabilitasnya. selanjutnya data diolah dengan rumus rata-rata (</span><em><span style="font-weight: 400;">mean</span></em><span style="font-weight: 400;">). Hasil penelitian didapatkan bahwa motivasi kerja pegawai dilihat dari 1) tanggung jawab memperoleh skor rata-rata 4,7 berada pada kategori sangat tinggi, 2) ketekunan memperoleh skor rata-rata 4,55 berada pada kategori tinggi, 3) loyalitas memperoleh skor rata-rata 4,61 berada pada kategori sangat tinggi, 4) disiplin memperoleh skor rata-rata 4,67 berada pada kategori sangat tinggi, dan 5) keterlibatan memperoleh skor rata-rata 4,27 berada pada kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Motivasi Kerja Pegawai di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Datar memperoleh skor rata-rata 4,56 yang berada pada kategori tinggi.</span></p> 2024-12-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 IJIAM-EDU (Indonesian Journal of Innovation in Administration or Management in Education) https://ijiam-edu.ppj.unp.ac.id/index.php/ijiam/article/view/79 Persepsi Guru tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat 2024-10-28T08:18:19+00:00 Pitriani Pitriani pitrianipitriani911@gmail.com Nelfia Adi nelfiadi@fip.unp.ac.id Ermita ermita@fip.ac.id Hade Afriansyah hadeafriansyah@fip.unp.ac.id <p><span style="font-weight: 400;">Artikel ini bertujuan untuk menganalisis Persepsi Guru tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat dilihat dari 1) Mempengaruhi, 2) Mengarahkan, 3) Menggerakkan, 4) Memotivasi. Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif yang populasinya adalah guru di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat berjumlah 322 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 201 orang guru yang ditarik menggunakan teknik </span><em><span style="font-weight: 400;">Quota Sampling</span></em><span style="font-weight: 400;">. Instrumen penelitian adalah angket model skala likert yang memiliki alternatif jawaban yaitu sering (SR), selalu (SL), kadang-kadang (KD), jarang(JR), tidak pernah (TP) yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis datanya menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data menggambarkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dalam 1) Mempengaruhi guru berada pada kategori baik dengan memperoleh skor rata-rata (3,95), 2) Mengarahkan guru dengan skor rata-rata (4,12) berada pada kategori baik, 3) Menggerakkan guru dengan skor rata-rata (4,14) berada pada kategori baik, 4) Memotivasi guru berada pada kategori baik dengan skor rata-rata (4,02). Dengan demikian Persepsi Guru tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,05.</span></p> 2024-12-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 IJIAM-EDU (Indonesian Journal of Innovation in Administration or Management in Education) https://ijiam-edu.ppj.unp.ac.id/index.php/ijiam/article/view/77 Pembinaan Disiplin Siswa di SMK Pariwisata Se-Kecamatan Padang Utara 2024-10-26T15:19:47+00:00 Dhinda Amalia Prayoga dindaamalia2121@gmail.com Sufyarma Marsidin sufyarma@gmail.com <p><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh informasi mengenai pembinaan disiplin siswa di SMK Pariwisata se-Kecamatan Padang Utara, dengan fokus pada aspek: 1) Motivasi, 2) Keteladanan, 3) Pengawasan dan 4) Sanksi/hukuman. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif, dengan populasi 513 siswa SMK Pariwisata se-Kecamatan Padang Utara. Ukuran sampel pada penelitian ini adalah 97 siswa, dipilih menggunakan teknik </span><em><span style="font-weight: 400;">Proportional Stratified Random Sampling</span></em><span style="font-weight: 400;">. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala likert, kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis menggunakan rumus mean. Hasil analisis data menunjukkan hal sebagai berikut: 1) Motivasi memperoleh skor rata-rata 4,15 dengan kategori baik, 2) Keteladanan memperoleh skor rata-rata 4,30 dengan kategori baik, 3) Pengawasan memperoleh skor rata-rata 4,18 dengan kategori baik dan 4) Sanksi/hukuman memperoleh skor rata-rata 4,17 dengan kategori baik. Secara keseluruhan pembinaan disiplin siswa di SMK Pariwisata se-Kecamatan Padang Utara dikategorikan baik. Hal ini menandakan bahwa pembinaan disiplin siswa di SMK Pariwisata se-Kecamatan Padang Utara sudah terlaksana dengan baik.</span></p> 2024-12-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 IJIAM-EDU (Indonesian Journal of Innovation in Administration or Management in Education)