Persepsi Guru Tentang Servant Leadership Kepala Sekolah di SMP Negeri Se-Kecamatan Lubuk Basung
DOI:
https://doi.org/10.24036/ijiam-edu.2.2.126-144Keywords:
Guru, Kepala Sekolah, Servant LeadershipAbstract
Latar belakang penelitian ini adalah masih kurangnya pemahaman dan perhatian kepala sekolah terhadap pengembangan dan kesejahteraan guru di SMP Negeri Se-Kecamatan Lubuk Basung hal ini dapat dikaitkan dengan pendekatan servant leadership kepala sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi guru tentang servant leadership kepala sekolah di SMP Negeri Se-kecamatan Lubuk Basung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru tentang servant leadership kepala sekolah di SMP Negeri Se-kecamatan Lubuk Basung yang dilihat dari indikator pemberdayaan, empati, kepercayaan, komitmen dan komunikasi yang efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMP Negeri Se-Kecamatan Lubuk Basung yang berjumlah 247 guru. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 81 guru dengan menggunakan Teknik Stratified Propotional Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dengan pernyataan sebanyak 50 butir soal. Hasil uji validitas untuk N= 30 adalah 0,361 dengan taraf signifikan 5% semua angket dinyatakan valid. Sedangkan uji reabilitas didapatkan r hitung = 0,956 dan r tabel = 0,361 maka hasilnya angket dapat dinyatakan reliabel. Analisis data penelitian menggunakan mean (rata-rata). Hasilnya menunjukkan bahwa persepsi guru tentang servant leadership kepala sekolah di SMP Negeri Se-Kecamatan Lubuk Basung secara keseluruhan berada pada kategori baik dengan capaian nilai 4,50. Hal ini berarti pemberdayaan, empati, kepercayaan, komitmen, dan komunikasi efektif yang telah dilakukan kepala sekolah di SMP Negeri Se-Kecamatan Lubuk Basung telah terlaksana dan dirasakan dengan baik oleh para guru.