Korelasi Program Tahfiz Qur'an dengan Pembinaan Karakter Religius Peserta Didik di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT)

Authors

  • Elfani Junita Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/ijiam-edu.2.1.22-29

Keywords:

Program Tahfiz Qur'an, Karakter Religius

Abstract

Pendidikan Indonesia sedang dihadapkan pada masalah mentalitas yang berkaitan dengan kemerosotan moral generasi muda. Nilai karakter yang mempunyai peran sentral dalam upaya menghadapi kemerosotan moral ialah nilai-nilai religiusitas. Pembinaan karakter religius dapat dimulai dari internalisasi nilai-nilai qur’ani. Program tahfidz Qur’an terdiri dari rangkaian kegiatan yang efektif dalam internalisasi nilai qur’ani pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar hubungan program tahfidz Qur’an dengan pembinaan karakter religius peserta didik di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Kecamatan Padang Utara. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas tinggi SDIT Kecamatan Padang Utara. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 74 responden. Pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Analisis data penelitian menggunakan analisis korelasi Rank Spearman. Hasilnya menunjukkan bahwa. Program tahfidz Qur’an berhubungan positif dan signifikan dengan karakter religius peserta didik dengan angka koefisien korelasi sebesar 0,670 berada pada rentang 0,600-0,799 dengan kategori kuat. Besarnya kontribusi program tahfiz terhadap perubahan atau variasi karakter religius sebesar 72,5% sedangkan 27,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Downloads

Published

2025-03-25

Issue

Section

Articles