Persepsi Guru tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat
DOI:
https://doi.org/10.24036/ijiam-edu.1.4.339-349Keywords:
Persepsi Guru, Kepemimpinan Kepala SekolahAbstract
Artikel ini bertujuan untuk menganalisis Persepsi Guru tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat dilihat dari 1) Mempengaruhi, 2) Mengarahkan, 3) Menggerakkan, 4) Memotivasi. Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif yang populasinya adalah guru di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat berjumlah 322 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 201 orang guru yang ditarik menggunakan teknik Quota Sampling. Instrumen penelitian adalah angket model skala likert yang memiliki alternatif jawaban yaitu sering (SR), selalu (SL), kadang-kadang (KD), jarang(JR), tidak pernah (TP) yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis datanya menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data menggambarkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dalam 1) Mempengaruhi guru berada pada kategori baik dengan memperoleh skor rata-rata (3,95), 2) Mengarahkan guru dengan skor rata-rata (4,12) berada pada kategori baik, 3) Menggerakkan guru dengan skor rata-rata (4,14) berada pada kategori baik, 4) Memotivasi guru berada pada kategori baik dengan skor rata-rata (4,02). Dengan demikian Persepsi Guru tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,05.