Pembinaan Disiplin Siswa di SMK Pariwisata Se-Kecamatan Padang Utara

Authors

  • Dhinda Amalia Prayoga Universitas Negeri Padang
  • Sufyarma Marsidin Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/ijiam-edu.1.4.298-307

Keywords:

Pembinaan disiplin, siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh informasi mengenai pembinaan disiplin siswa di SMK Pariwisata se-Kecamatan Padang Utara, dengan fokus pada aspek: 1) Motivasi, 2) Keteladanan, 3) Pengawasan dan 4) Sanksi/hukuman. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif, dengan populasi 513 siswa SMK Pariwisata se-Kecamatan Padang Utara. Ukuran sampel pada penelitian ini adalah 97 siswa, dipilih menggunakan teknik Proportional Stratified Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala likert, kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis menggunakan rumus mean. Hasil analisis data menunjukkan hal sebagai berikut: 1) Motivasi memperoleh skor rata-rata 4,15 dengan kategori baik, 2) Keteladanan memperoleh skor rata-rata 4,30 dengan kategori baik, 3) Pengawasan memperoleh skor rata-rata 4,18 dengan kategori baik dan 4) Sanksi/hukuman memperoleh skor rata-rata 4,17 dengan kategori baik. Secara keseluruhan pembinaan disiplin siswa di SMK Pariwisata se-Kecamatan Padang Utara dikategorikan baik. Hal ini menandakan bahwa pembinaan disiplin siswa di SMK Pariwisata se-Kecamatan Padang Utara sudah terlaksana dengan baik.

Downloads

Published

2024-12-11

Issue

Section

Articles