Persepsi Guru Tentang Pelaksanaan Peran Kepala Sekolah Sebagai Inovator Di Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kecamatan Rambatan
DOI:
https://doi.org/10.24036/ijiam-edu.1.4.272-286Keywords:
persepsi, kepala sekolah, inovatorAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya peran kepala sekolah sebagai inovator. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan kepala sekolah dalam menjalankan perannya sebagai inovator yang dilihat dari empat indikator, 1) memiliki gagasan baru, 2) mengimplementasikan gagasan baru, 3) menjalin hubungan yang harmonis dengan lingkungan dan 4) keteladanan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di SMAN se-Kecamatan Rambatan dengan jumlah 70 orang guru. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dalam bentuk skala Likert yang telah diuji coba untuk mengetahui validitas dan reliabilitas menggunakan SPSS. Rumus yang digunakan untuk uji validitas yaitu korelasi tata jenjang Spearman dan uji reliabelitias menggunakan rumus Alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru terhadap pelaksanan peran kepala sekolah sebagai inovator di SMAN se-Kecamatan Rambatan dilihat dari aspek; 1) menemukan gagasan baru berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,26, 2) mengimplementasikan gagasan baru berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 3,96 , 3) menjalin hubungan yang harmonis dengan lingkungan berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,28, 4) keteladanan berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,36. Kesimpulan keseluruhan peran kepala sekolah sebagai inovator di SMAN se-Kecamatan Rambatan berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,28.