Pengaruh Iklim Kelas Terhadap Flow Akademik Mahasiswa Departemen Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Padang

Authors

  • Claudia Puspita Putri Universitas Negeri Padang
  • Hadiyanto Universtitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/ijiam-edu.1.4.248-260

Keywords:

flow akademik, iklim kelas, pembelajaran, pendidikan

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh variabel iklim kelas melalui indikator kekompakan, kecepatan, formalitas, dan lingkungan fisik terhadap variabel flow akademik melalui indikator absorption, enjoyment, motivasi intrinsik pada mahasiswa departemen administrasi pendidikan universitas negeri padang tahun 2024. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana yang menggunakan data primer yang diperoleh dari angket/kuesioner. Langkah awal analisis ini adalah menentukan tingkat flow akademik dan iklim kelas, kemudian dilakukan uji T untuk melihat pengaruh antar dua variabel tersebut. Berdasarkan hasil Uji T diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara variabel iklim kelas dan flow akademik dengan perolehan nilai signifikansi 0.000 < 0.05 dan nilai ɑ (Constant) bernilai positif sebesar 9.028 dan X sebesar 0.893. Disamping itu, hasil dari tingkat flow akademik dan iklim kelas yang telah diperoleh kemudian akan diberikan upaya untuk meningkatkan flow akademik dan iklim kelas agar mencapai tingkat yang lebih baik dari sebelumnya.

Downloads

Published

2024-12-11

Issue

Section

Articles