Peranan Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Sekolah

Authors

  • Nesa Agmilda Universitas Negeri Padang
  • Intan Nur Aini Universitas Negeri Padang
  • Fitria Ghea Anggela Universitas Negeri Padang
  • Oktavia Veronica Universitas Negeri Padang
  • Cahyani Wulandari Universitas Negeri Padang
  • Amelia Tridarma Wulandari Universitas Negeri Padang

Keywords:

Peranan, Kepemimpinan, Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peranan kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah. Kepemimpinan pembelajaran adalah pendekatan di mana kepala sekolah berfokus pada pengembangan dan peningkatan proses pembelajaran sebagai inti dari tugas mereka. Studi ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru, dan staf administrasi di beberapa sekolah menengah di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah yang efektif dalam kepemimpinan pembelajaran memiliki pengaruh signifikan terhadap mutu sekolah, terlihat dari peningkatan kinerja akademik siswa, pengembangan profesional guru, dan penciptaan lingkungan belajar yang kondusif. Kepala sekolah yang berperan sebagai pemimpin pembelajaran mampu menginspirasi dan memotivasi guru untuk terus mengembangkan metode pengajaran mereka, serta mendorong partisipasi aktif seluruh warga sekolah dalam proses pembelajaran. Selain itu, kepala sekolah yang menerapkan kepemimpinan pembelajaran juga menunjukkan kemampuan dalam merumuskan visi dan misi yang jelas, serta mengimplementasikan strategi yang fokus pada pencapaian tujuan pendidikan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kepemimpinan pembelajaran oleh kepala sekolah merupakan faktor kunci dalam upaya peningkatan mutu sekolah. Implikasi dari temuan ini adalah perlunya program pelatihan dan pengembangan bagi kepala sekolah untuk memperkuat kompetensi mereka dalam kepemimpinan pembelajaran, serta kebijakan pendidikan yang mendukung peran kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran. Dengan demikian, diharapkan dapat tercipta sekolah-sekolah dengan mutu pendidikan yang tinggi dan berkelanjutan.

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles