Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Keywords:
Gaya kepemimpinan, kepemimpinan pembelajaran, Kepala Sekolah, Hasil Belajar SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, mendefinisikan dan menganalisis gaya kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah yang merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan hasil pendidikan. Metode yang digunakan adalah metode studi literatur. Pendidikan merupakan faktor terpenting dalam membentuk kehidupan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Pemimpin pendidikan memainkan peran penting dalam membantu guru membuat program pendidikan yang sukses bagi siswa. Kepemimpinan yang efektif adalah kepemimpinan yang mencakup kegiatan seperti menciptakan visi dan misi, mengelola pembelajaran, meningkatkan pembelajaran, menggunakan penilaian pembelajaran, dan menciptakan iklim sekolah yang mendukung. Pemimpin harus memiliki visi dan misi yang jelas berdasarkan tujuan yang diperlukan untuk menciptakan pendidikan yang baik dan efektif. Dalam menciptakan budaya yang baik, hendaknya terjalin hubungan yang baik dengan seluruh warga sekolah.