Pembentukan Sikap Disiplin Siswa pada Sekolah Berbasis Asrama
Keywords:
Pemberian Hukuman, Praktek Kedisiplinan, Sekolah Asrama, Sosiologi PendidikanAbstract
Pendidikan sekolah asrama memiliki tujuan untuk menanamkan berbagai nilai dan karakter yang dapat meningkatkan kedisiplinan siswa, baik selama pendidikan di sekolah maupun setelahnya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana sikap disiplin siswa terbentuk di sekolah asrama. Metode kualitatif dengan pendekatan etnografi digunakan dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam. Sikap disiplin siswa tercermin dalam berbagai kegiatan yang ada di pesantren maupun di sekolah, seperti ketepatan waktu dalam tiba di sekolah, melaksanakan sholat tepat waktu, berpakaian rapi, mengikuti kegiatan apel sore, menjaga kebersihan lingkungan, dan mematuhi aturan yang telah ditetapkan. Pembentukan kedisiplinan siswa juga melibatkan dua mekanisme, yaitu pengawasan melalui tata tertib dan penerapan hukuman.